5 Dosa Istri Terhadap Suami

5 Dosa Istri Terhadap Suami
5 Dosa Istri Terhadap Suami

Sahabat Islam sekalian, tentu sebagai seorang istri sering tanpa sadar kita melakukan tindakan berdosa terhadap suami, bahkan menganggap dosa tersebut menjadi hal yang biasa saja. Padahal surga dan neraka istri ada pada ridho suaminya.
Semoga daftar 5 dosa istri terhadap suami ini bisa kita hindari, agar terhindar dari laknat Allah swt.
1. Menyepelekan kebaikan suami / tidak menghargai suami
" Diperlihatkan neraka kepadaku dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita, mereka kufur.”
Para Shahabat bertanya: “Apakah disebabkan kufurnya mereka kepada Allah?”
Rasul menjawab " (tidak), mereka kufur terhadap suaminya dan mereka kufur terhadap kebaikannya. Seandaimya seorang suami dari kalian berbuat kebaikan kpada istrinya selama satu tahun, lalu istrinya melihat kejelekan dari suaminya dan berkata " Aku tidak pernah melihat kebaikan pada dirimu sekalipun."
Maka disitulah seorang istri telah menyepelekan suaminya.
2. Menolak untuk bergaul dengan suami ( hubungan suami istri )
Allah sudah mengatur manusia berpasangan dan untuk memperoleh keturunan. Pasangan pria dan wanita diikat dalam sebuah pernikahan yang syah sesuai dengan syariat islam. Didalam Islam seor4ang istri yang menolak suaminya untuk ber4hubungan maka istri ter4sebut mendapat laknat dari Allah swt.
Rasulullah saw bersabda: “Apabila laki-laki mengajak istrinya ke tempat tidurnya kemudian ia menolak untuk datang lalu laki-laki itu tidur semalam dalam keadaan marah kepadanya, maka ia dilaknat oleh malaikat hingga subuh.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim).
3. Tidak menghormati keluarga suami
Seorang suami harus bersikap lembut kepada istrinya, begitu juga seorang istri wajib bersikap lembut terhadap suami. Selain itu istri juga harus bersikap lembut pada keluarga suami terutama kepada orang tuanya. Jangan sampai istri memonopoli suaminya, bahkan ibu dan ayahnya sendiri tidak bisa mendapatkan hak mereka dari anak laki-lakinya.
Dalam sebuah hadits sahih, diriwayatkan bahwa Aisyah RA bertanya kepada Rasulullah SAW " Siapakah yang paling berhak terhadap seorang wanita ?"
Rasulullah menjawab " suaminya (apabila sudah menikah)" Aisyah bertanya lagi " Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki ?". Rasulullah menjawab " Ibunya (HR Muslim)
Seorang sahabat,Jabir RA menceritakan : Suatu hari datang seorang laki-laki kepada Rasulullah saw. ia berkata " Ya Rasulullah, saya memiliki harta dan anak, dan bagaimana jika bapak saya menginginkan (meminta) harta saya itu ?
Rasulullah menjawab " Kamu dan hartamu milik ayahmu."(H.R NIbnu Majah dan At-Thabrani)
4. Keluar rumah tanpa izin suami
Jika seorang istri keluar rumah dengan alasan apapun, harus dengan izin suami.Jika pergi tanpa seizin suami maka dia durhaka terhadap suaminya dan dia berdosa.
5. Berias bukanh unhtuk suami
Dalam islam istri hanya diperbolehkan berdandan,mempercantik diri dan berias hanya di kepada suAminyA SajA
"dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu” (QS. Al-Ahzaab: 33)
Demikian penjelasan 5 Dosa istri terhadap suami, mudah-mudahan bermanfaat.


EmoticonEmoticon