Tips Mencegah Mabuk Dalam Perjalanan

Tips Mencegah Mabuk Dalam Perjalanan
Tips Mencegah Mabuk Dalam Perjalanan

Seringkali dalam melakukan perjalanan kita merasakan mual sampai muntah, maka disini saya akan membahas tentang tips mencegah mabuk dalam perjalanan.
Mabuk dalam perjalanan disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Tetapi, dalam kenyataannya saat kita berada di kendaraan yang sedang melaju, tubuh anda pastinya berada dalam posisi duduk atau diam di tempat, tetapi mata dan telinga anda melihat ke sekitar selama perjalanan. Inikah yang dinamakan motion sickness, karena penglihatan dan pendengaran anda bergerak, tetapi tubuh anda nyatanya cuma diam.
Kemudian bagi tubuh yang tidak terbiasa ini, tak akan mengirimkan sinyal ke tubuh. Bagian otak yang bernama thalamus akan mencari informasi apa yang salah dari tubuh anda. Setelah mendapatkan kesimpulan dari tubuh anda, bisanya sering berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh anda keracunan. Sehingga otak anda bereaksi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dengan cara memuntahkannya.
Dari sisi kendaraan
Kondisi mabuk perjalanan ini juga dipicu atau diperparah oleh bau-bau tajam dan tidak mengenakan seperti asap rokok dan pewangi kendaraan. Karena selama perjalanan anda tidak dapat bergerak atau menghindar, maka tubuh yanhg terpapar aroma tersebut akan bereaksi menolak. Reaksi tubuh biasanya dilakukan dengan memunculkan rasa mual dan pusing.
 Kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang berkelok-kelok juga menjadi pengaruh tersendiri terhadap mabuk perjalanan yang anda alami.
Faktor resiko yang membuat anda terkena mabuk dalam perjalanan bisa disebabkan oleh rasa takut dan cemas selama perjalanan juga Ventilasi perjalanan yang tidak baik dan ketidakmampuan anda melihat kondisi di luar jendela kendaraan yang anda tumpangi.
Tips mencegah mabuk dalam perjalanan
1. Makan dahulu sebelum melakukan perjalanan
Rasa mual dalam perjalanan rupanya juga disebabkanoleh perut kosong. Perut akan meningkatkan asam lambung untuk nik ke atas dan menyebabkan rasa mual. Apalagi jika sebelumnya anda memiiki riwayat kesehatan lambung yang kurang baik. Maka usahakan makan 1-1,5 jam sebelum bepergian. Hindari juga makanan berminyak, makanan pedas dan minuman bersoda yang akan memperparah mual dan pusing dalam perjalanan.
2. Mengkonsumsi obat anti mabuk dalam perjalanan
Hal ini npaling aman ndan simpel untuk dilakukan. Obat anti mabuk ini biasanya jika diminum akan menimbulkan rasa kantuk yang dalam. Otomatis mata dan telinga anda akan nmengistirahatkan sensornya dan menghindari rasa mual diperjalanan.
3. Hindari bermain gadget atau membaca buku, jangan lupa istirahat
Main gadget atau membaca buku saat perjalanan hanya akan membuat mata, telinga dan otak anda kacau dalam menerima informasi. Dengan melakukan kegiatan tersebut  anda hanya akan meningkatkan resiko mual dan pusing. Jangan lupa istirahatkan tubuh anda. Bila terasa mengantuk dan lelah, jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga, biarkan tubuh anda istirahat agar dapat fresh kembali selama perjalanan.
Latest


EmoticonEmoticon