Ciri-ciri Perkembangan Anak


'
Ciri-ciri Perkembangan Anak
Ciri-ciri Perkembangan Anak
Ciri-ciri perkembangan anak di m
ulai umur 6 tahun ini adalah seorang anak yang pertumbuhan badannya relatif seimbang, maka anak menjadi senang bermain keseimbangan dan penguasaan badan. Pertumbuhan fisik yang berlangsung secara baik itu sudah barang tentu ikut berpengaruh terhadap perkembangan psikis anak.Pada masa tersebut anak sudah matang untuk masuk sekolah. Walaupun dalam paktek seringkali diadakan seleksi mencari anak yang sudah matang jiwanya.
Kriteria dan ciri-ciri perkembangan anak dalam hal kematangan anak dalam hal ini antara lain:
  •  Anak sudah harus dapat bekerja sama dalam suatu kelompok anak-anak lainnya, serta tidak lagi banyak bergantung dengan ibunya dalam kegiatannya.
  •  Anak harus sudah mampu mengamatisecara terurai terhadap bagian-bagian dari objek pengamatan
  •   Anak harus sudah mampu menyadari akan kepentingan orang lain, to take and give. Bagi Indonesia kriteria umur yang ditetapkan adalah 7 tahun, untuk dapat masuk pada Sekolah Dasar ( SD )
Adapun ciri-ciri perkembangan anak yang mana jiwa anak pada masa sekolah ini telah  menonjol antara lain:
  •  Adanya keinginan yang cukup tinggi, terutaa yang menyangkut perkembangan intelektual anak, biasanya dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, atau senang melakukan pengembaraan serta percobaan-percobaan.
  •   Energi yang melimpah, sehingga kadangkala anak itutidak memperdulikan bahwa dirinya telah lelah atau capek. Karena energi yang sangat cukup, inilah yang nantinya sebagai sumberpotensi dan dorongan anak untuk belajar.
  • Perasaan kesosialan yang berkembang pesat, sehingga anak menyukai untuk mematuhi grup teman sebayanya (peer group), malah terkadang anak lebih suka mementingkan peer groupnya, dibandingpada orangtuanya. Hal ini memungkinkan karena anak telah banyak kawan sekolahnya.
  •  Sudah dapat berpikir secara abstrak, sehingga memungkinkan bagi anak untuk menerima hal-hal yang berupa teori-teori ataupun norma-norma tertentu.
  •   Minat istimewanya tertuju kepada kegemaran dirinya ( gemar bermain gitar ,pelihara binatang dan lain-lain ) yang mengakibatkan anak melalaikan tugas belajarnya.
f.       Adanya kekejaman, yaitu : “ perhatian anak ditujukan kepada dunia luar, akan tetapi dirinya tidak mendapat perhatian, saat itu juga anak belum mengenal jiwa orang lain”.
Akibatnya anak berlaku kejam terhadap orang lain, kekejaman pada masa ini bukalah kejam sebenarnya, sebab anak belum menyadari akan tindak kekejamannya itu. Perilaku ini biasanya ditujukan kepada orang yang ( invalid )ia mengejek, kepada orang yang lemah , memiliki kekurangan , ia mengolok-olok. Begitu juga terhadap binatang-binatang.
Pada masa anak sekolah ini sebenarnya anak telah tumbuh sikap objektifnya, yang menyangkut tentang:
1.      Kenyataan       : anak mempunyai sikap yang serius kepada dunia nyata ( realistis ).
2.      Kesusilaan       : sikap anak terhadap norma susila sudah jujur meskipun terkadang acuh tak acuh.
Karena sikap-sikap inilah sebenarnya yang mendasari dari ciri-ciri perkembangan anak.


EmoticonEmoticon