'
Ciri-ciri perkembangan anak di mulai
umur 6 tahun ini adalah seorang anak yang pertumbuhan badannya relatif seimbang, maka anak
menjadi senang bermain keseimbangan dan penguasaan badan. Pertumbuhan fisik
yang berlangsung secara baik itu sudah barang tentu ikut berpengaruh terhadap
perkembangan psikis anak.Pada
masa tersebut anak sudah matang untuk masuk sekolah. Walaupun dalam paktek
seringkali diadakan seleksi mencari anak yang sudah matang jiwanya.
Ciri-ciri Perkembangan Anak |
Kriteria
dan ciri-ciri perkembangan anak dalam hal kematangan anak dalam hal ini antara lain:
- Anak sudah harus dapat bekerja sama dalam suatu kelompok anak-anak lainnya, serta tidak lagi banyak bergantung dengan ibunya dalam kegiatannya.
- Anak harus sudah mampu mengamatisecara terurai terhadap bagian-bagian dari objek pengamatan
- Anak harus sudah mampu menyadari akan kepentingan orang lain, to take and give. Bagi Indonesia kriteria umur yang ditetapkan adalah 7 tahun, untuk dapat masuk pada Sekolah Dasar ( SD )
Adapun
ciri-ciri perkembangan anak yang mana jiwa anak pada masa sekolah ini telah menonjol antara lain:
- Adanya keinginan yang cukup tinggi, terutaa yang menyangkut perkembangan intelektual anak, biasanya dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, atau senang melakukan pengembaraan serta percobaan-percobaan.
- Energi yang melimpah, sehingga kadangkala anak itutidak memperdulikan bahwa dirinya telah lelah atau capek. Karena energi yang sangat cukup, inilah yang nantinya sebagai sumberpotensi dan dorongan anak untuk belajar.
- Perasaan kesosialan yang berkembang pesat, sehingga anak menyukai untuk mematuhi grup teman sebayanya (peer group), malah terkadang anak lebih suka mementingkan peer groupnya, dibandingpada orangtuanya. Hal ini memungkinkan karena anak telah banyak kawan sekolahnya.
- Sudah dapat berpikir secara abstrak, sehingga memungkinkan bagi anak untuk menerima hal-hal yang berupa teori-teori ataupun norma-norma tertentu.
- Minat istimewanya tertuju kepada kegemaran dirinya ( gemar bermain gitar ,pelihara binatang dan lain-lain ) yang mengakibatkan anak melalaikan tugas belajarnya.
f. Adanya
kekejaman, yaitu : “ perhatian anak ditujukan kepada dunia luar, akan tetapi
dirinya tidak mendapat perhatian, saat itu juga anak belum mengenal jiwa orang
lain”.
Akibatnya
anak berlaku kejam terhadap orang lain, kekejaman pada masa ini bukalah kejam
sebenarnya, sebab anak belum menyadari akan tindak kekejamannya itu. Perilaku
ini biasanya ditujukan kepada orang yang ( invalid )ia mengejek, kepada orang
yang lemah , memiliki kekurangan , ia mengolok-olok. Begitu juga terhadap
binatang-binatang.
Pada
masa anak sekolah ini sebenarnya anak telah tumbuh sikap objektifnya, yang
menyangkut tentang:
1. Kenyataan : anak mempunyai sikap yang serius kepada
dunia nyata ( realistis ).
2. Kesusilaan : sikap anak terhadap norma susila sudah
jujur meskipun terkadang acuh tak acuh.
Karena
sikap-sikap inilah sebenarnya yang mendasari dari ciri-ciri perkembangan anak.
EmoticonEmoticon